smakartikaxix.sch.id |Kemerdekaan yang telah berada di genggaman, menjadi tugas penerus bangsa untuk mengisinya dengan karya nyata dalam pembangunan serta tak boleh kendor dalam menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia yang digelar di Gedung Sate, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Senin (17/8/2020). Pelaksanaan upacara kemerdekaan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Para peserta dibatasi, mengenakan masker, dan menjaga jarak.

Gubernur mengatakan, hari ini mempunyai makna yang sangat dalam dan penting bagi bangsa Indonesia karena kemerdekaan yang diraih penuh dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

“Mereka berjuang dengan tetesan darah dan air mata, dilandasi persatuan dan kesatuan serta semangat kebinekaan tanpa melihat perbedaan suku, golongan, ras dan agama,” tuturnya.

Gubernur pun menegaskan betapa pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Nilai-nilai kemanusiaan dan kebaikan yang terkandung dalam Pancasila, dapat menyatukan pluralisme bangsa Indonesia. “Sebagai identitas bangsa kita, Pancasila harus terus diperjuangkan dan dipertahankan lintas generasi,” tegasnya.

Di masa pandemi ini, menurut Gubernur, jati diri bangsa Indonesia tengah diuji untuk bersatu padu membawa bangsa bangkit dari keterpurukan ekonomi yang menghantam sektor perekonomian. Sehingga, ia mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga solidaritas antarsesama.

“Jangan biarkan modal sosial bangsa kita berupa semangat persaudaraan, gotong-royong, dan solidaritas pudar. Mari saling peduli dan menolong sesama, setidaknya bagi warga di lingkungan sekitar kita yang terdampak pandemi,” imbaunya.

Sebagai salah satu provinsi terbaik dengan skala ekonomi besar serta karakteristik warga yang kreatif dan resilience (ketahanan) tinggi, Gubernur menegaskan, Jabar bisa menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi nasional.

“Kita manfaatkan sebaik mungkin peluang yang ada pada sejumlah lapangan usaha yang tumbuh. Yakni, informasi dan komunikasi, pengendalian air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, kehutanan, perikanan serta pertanian. Dari peluang ini, kita dapat menciptakan lompatan-lompatan besar demi Indonesia maju dan berdaya saing global di segala bidang,” pungkasnya.***

sumber :disdik.jabarprov.go.id

masterdewaruh
Author: masterdewaruh


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Apa yang bisa kami bantu?